Negara kita memang dikenal memiliki ibukota yang padat. Keramaian Ibukota Negara kita memang terkadang membuat kita jenuh. Keseharian Ibukota Negara kita selalu diisi keramaian orang dalam beraktivitas sehari – hari. Pasalnya, 10 juta jiwa telah menghuni ibukota negara kita. Dan akan bertambah terus setiap tahunnya

Namun di balik hiruk pikuk Jakarta yang mempusingkan. Kabar baiknya, kondisi seperti ini menjadi peluang usaha untuk mendatangkan Traffic Bisnis yang Potensial. Traffic Bisnis Potensial bisa di dapatkan dengan berbagai hal yang mempengaruhi. Seperti halnya situasi dan kondisi yang tepat juga akan berperan penting pada produk atau jasa yang akan ditawarkan. Memang tidak mudah dalam mendapatkan lokasi tempat usaha pada spot strategis.

Tapi, gak usah galau karena bingung mencari tempat usaha yang strategis. Karena kami disini akan memberikan Tips dalam memanfaatkan Keramaian Ibukota menjadi tempat Strategis Bisnis anda

  1. LOKASI DI TEMPAT KERAMAIAN

Sudah pasti dengan bertempat pada tempat keramaian Ibukota, akan memperoleh banyak perhatian yang akan menunjang promosi dan pengenalan usaha anda.

Sebagai contoh, Seorang penjual martabak yang menempatkan gerobaknya di persimpangan jalan raya. Dengan alasan disanalah tempat lalu lalang orang dalam perjalanan. Hal seperti ini yang akan menujang Traffic Bisnis anda meningkat.

 

  1. AKSES YANG MUDAH DIJANGKAU

Akses adalah jalan orang untuk menuju suatu tempat. Dengan Akses yang mudah dijangkau, berarti konsumen anda akan mudah dan merasa nyaman untuk berkunjung ke tempat bisnis anda.

Sebagai contoh, anda adalah pemilik cafe yang memiliki cita rasa no 1 di Indonesia. Tapi, lokasi usaha anda berada di dalam perumahan. Yang notabene jauh dari keramaian ibukota dan harus dijangkau dengan berjalan kaki, jika menggunakan transportasi umum. Ini lah yang akan menyulitkan para calon konsumen anda dalam berkunjung ke tempat usaha anda. Sehinga akan berdampak pada Traffic Usaha anda

 

  1. SEGMEN DAN TARGET PASAR YANG TEPAT

Sebagai pelaku usaha, anda harus memahami segmen pasar yang tepat untuk unit usaha anda. Dengan memahami segmen pasar usaha anda. Maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan Potensial Buyer anda.

Begitu pula dalam menentukan lokasi usaha anda. Yang harus berada di kalangan para segmen pasar usaha anda.

Sebagai contoh, anda membuka toko Perlengapan Alat Tulis. Dapat dilihat bahwa segmen pasar anda adalah anak sekolah. Kesimpulannya adalah, tidak hanya mengandalkan keramaian ibukota saja. Anda pun harus menempatkan usaha anda di kalangan anak – anak sekolah. Sehingga anda lebih mudah mendapatkan Potensial Buyer anda.

 

  1. LINGKUNGAN TEMPAT USAHA YANG KONDUSIF

Keadaan atau lingkungan sekitar tempat usaha anda juga menjadi faktor akan keberhasilan usaha anda. Dengan memiliki lingkungan yang baik. Maka lingkungan tempat usaha anda pun akan lebih mendukung di tengah keramian ibukota.

Sebagai contoh, anda memiliki usaha Warung Tegal. Lalu anda memilih tempat usaha yang berada di dekat saluran air. Yang mengakibatkan sering tercium bau tak sedap.

Keadaan seperti itu, akan membuat para konsumen anda terganggu. Sehingga lingkungan seperti ini lah yang akan membuat orang enggan berkunjung ke tempat usaha anda.

 

  1. KOMPETITOR SEKITAR

Tidak hanya fokus pada pemilihan lokasi strategis untuk para calon konsumen. Melihat lokasi kompetitor yang berdekatan dengan tempat usaha anda juga akan mengurangi prospektibilitas lokasi.

Sebagai contoh, Anda membuka usaha jasa cuci mobil di Jakarta. Tak bisa dipungkiri keramaian ibukota sangatlah padat. Namun disekitar tempat usaha anda sudah ada kompetitor jasa cuci mobil yang berjarak 300 meter. Maka lokasi seperti ini yang akan menurunkan traffic usaha anda walaupun di tengah keramian ibukota. Terlebih lagi anda adalah pemain baru didaerah itu.

Mudahnya barometer lokasi usaha anda strategis dari para kompetitor adalah, jika radius jarak 1 kilometer dari tempat usaha anda tidak ada pelaku usaha dalam unit bisnis sama. maka disitulah tempat yang strategis.

 

  1. MENYEWA ATAU MEMBANGUN TEMPAT USAHA

Poin ini lah menjadi penentu keputusan Lokasi Usaha anda. Membangun tempat usaha memang lebih menjanjikan. Karena dengan begitu, anda dapat melihat mana lokasi yang strategis untuk dijadikan tempat usaha anda. Mulai dari segi target pasar hingga kondisi lingkungan sekitar.

Namun, membangun tempat usaha tidaklah mudah. Disamping anda harus mengeluarkan badget yang lebih besar, karena keramian ibukota negara kita yang menjadi nilai jual. Anda juga harus lebih cermat dalam menentukan lokasi strategis untuk unit usaha anda.

Pilihan kedua yaitu menyewa tempat usaha pada lokasi yang strategis. Seperti halnya di jalan Kramat Sentiong ada 4 buah ruko dan 1 buah kios. Kemajemukan lingkungan sekitar menambah keramaian ibukota. Dengan akses yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum dan dekat stasiun Senen menambah kemudahan para calon konsumen berkunjung.

Baca juga : (Cara Jitu Menjual Tanah)